Kamis, 17 September 2020

Ruang Lingkup Ranah Penilaian Kognitif

 

Evaluasi pendidikan memiliki ruang lingkup yang luas yaitu: ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotor. Dunia pendidikan sekarang ini mengkolaborasikan ke-tiga ruang lingkup tersebut.

Domain ini memiliki enam jenjang kemampuan, yaitu sebagai berikut:

1.       Pengetahuan (knowledge)

yaitu jenjang kemampuan yang menuntut peserta didik untuk dapat mengenali atau mengetahui adanya konsep, prinsip, fakta atau istilah tanpa harus mngerti atau dapat menggunakannya.

Kata kerja oprasional yang dapat digunakan, diantaranya:

·       Mendefinisikan, memberikan, mengidentifikasi, memberi nama,

·       Menyusun daftar

·       Mencocokkan

·       Menyebutkan

·       Membuat garis besar

·       Menyatakan

·       Memilih

2.       Pemahaman (comprehension)

yaitu jenjang kemampuan yang menuntut peserta didik untuk memahami atau mengerti tentang materi pelajaran yang disampaikan guru dan dapat memanfaatkannya tanpa harus menghubungkannya denganhal-hal lain.

Kemampuan ini dijabarkan lagi menjad tiga, yaitu menerjemahkan, menafsirkan, dan mengekstrapolasikan.

Kata kerja operasional yang dapat digunakan, di antaranya:

·       Mengubah

·       Mempertahankan

·       Membedakan

·       Memprakirakan

·       Menjelaskan

·       Menyimpulkan

·       Memberi contoh

·       Meramalkan

·       Meningkatkan

 

3.       Penerapan (application)

yaitu jenjang kemampuan yang menuntut peserta didik untuk menggunakan ide-ide umum, tata cara atau metode, prinsip, dan teori-teori dalam situasi baru dan konkret.

4.       Analisis (analysis)

yaitu jenjang kemampuan yang menuntut peserta didik untuk menguraikan suatu situasi atau keadaan tertentu kedalam unsur-unsur atau komponen pembentuknya.

Kemampuan analisis dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu analisis unsur, analisis hubungan, dan analisis prinsip-prinsip yang terorganisasi.

Kata kerjaoperasional yang dapat digunakan di antaranya:

·       Mengurai

·       Membuat diagram

·       Memisah-misahkan

·       Menggambarkan kesimpulan

·       Membuat garis besar

·       Menghubungkan

·       Merinci

 

Sintesis (synthesis)

yaitu jenjang kemampuan yang menuntut peserta didik untuk menghasilkan sesuatu yang baru dengan cara menggabungkan berbagai faktor. Hasil yang diperoleh dapat berupa tulisan, rencana atau mekanisme.

Kata kerja operasional yang dapat digunakan, diantaranya:

·       Menggolongkan

·       Menggabungkan

·       Memodifikasi

·       Menghimpun

·       Menciptakan

·       Merencanakan

·       Merekonstruksikan

·       Menyusun

·       Membangkitkan

·       Mengorganisir

·       Merevisi

·       Menyimpulkan

·       Menceritakan

 

Evaluasi (evaluation)

yaitu jenjang kemampuan yang menuntut peserta didik untuk dapat mengevaluasi suatu situasi, keadaan, pernyataan atau konsep berdasarkan criteria tertentu.

Hal penting dalam evaluasi ini adalah menciptakan kondisi sedemikian rupa, sehingga peserta didik mampu mengembangkan criteria atau patokan untuk mengevaluasi sesuatu.

Kata kerja operasional yang dapat digunakan, di antaranya:

·       Menilai

·       Membandingkan

·       Mempertentangkan

·       Mengeritik

·       Membeda-bedakan

·       Mempertimbangkankebenaran

·       Menyokong

·       Menafsirkan

·       menduga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar